Tetanus: Penyakit Paling Mematikan di Dunia


Tetanus disebabkan oleh infeksi bakteri penghasil racun neurotoxin. Penyakit ini menyerang saraf yang membuat kontraksi otot dan menimbulkan rasa sakit yang cukup parah terutama pada otot rahang dan leher. Racun berbahaya Clostridium Tetani menjadi penyebabnya, menyerang saraf tubuh melalui luka kotor. Kondisi tersebut mempengaruhi otot-otot pernafasan sehingga berbahaya untuk kelangsungan hidup seseorang.
Tetanus: Penyakit Paling Mematikan  di Dunia
Tetanus: Penyakit Paling Mematikan  di Dunia. (foto: youtube.com)
Habitat dari bakteri Clostridium Tetani berupa debu, tanah dan kotoran hewan atau manusia. Ia bisa bertahan hidup pada waktu yang lama di luar tubuh berbentuk spora. Masuk ke dalam tubuh manusianya melalui luka kotor, luka akibat cedera, luka akibat paku berkarat, digigit hewan buas atau juga akibat luka bakar.

Biasanya gejala yang mudah dikenali pada penderita tetanus adalah kejang-kejang, lebih mirip kekakuan pada otot. Gejala ini bisa menyebabkan penderita mengalami rahang yang mengatup rapat dan sulit dibuka kembali, istilah yang sering kita kenal adalah lockjaw (rahang terkunci). Sehingga penderita akan mengalami kesulitan menelan makanan. 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.