Langkah Pengobatan Untuk Gangguan Pendengaran


Seseorang bisa mengalami gangguan pendengaran dengan berbagai alasan. Mulai dari faktor usia, cacat fisik, penyakit, hingga gangguan yang terjadi akibat infeksi. Ketika seseorang mengalami gangguan pendengaran hingga kesulitan mendengar, penggunaan alat bantu dengar biasanya disarankan.

Tetapi tentu tidak hanya itu. Terdapat langkah pengobatan lainnya yang akan disarankan oleh dokter. Langkah pengobatan disesuaikan dengan tingkat keparahan dan faktor pemicunya.

Pengobatan Untuk Gangguan Pendengaran

Langkah pengobatannya secara umum berupa:

a. Pembersihan Area Telinga
Bila penyebab gangguan pada pendengaran disebabkan oleh area telinga yang kotor, penumpukan kotoran, atau ada benda asing yang menutupi, dokter akan mengambil langkah pembersihan area telinga. Biasanya menggunakan alat khusus untuk menyedot kotoran dari dalam telinga.

b. Tindakan Operasi
Langkah tindakan operasi atau pembedahan sangat memungkinkan disarankan oleh dokter apa bila kondisinya memang mengharuskan. Seperti benda asing yang tidak bisa dikeluarkan menggunakan alat pembersih, telinga dalam mengalami infeksi hebat, adanya pertumbuhan tidak normal, atau muncul penyakit di area telinga.

c. Penggunaan Alat Bantu
Jika gangguan pendengaran Anda didiagnosis sebagai penyakit tuli yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari, dokter akan menyarankan penggunaan alat bantu mendengar. Alat ini bisa berbagai jenis, sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan alat bantu maka suara yang masuk ke telinga akan terdengar lebih jelas dan bisa dicerna oleh otak layaknya fungsi pendengaran dalam kondisi normal.

d. Implan Koklea
Selanjutnya, hampir sama dengan alat bantu mendengar yang dipasang di area telinga, implan koklea ini juga merupakan penggunaan alat bantu mendengar tetapi dipasang di area dalam. Tepatnya di bawah kulit belakang telinga (dengan cara ditanam). Tentu saja penggunaan alat bantu jenis ini harus dengan bimbingan dokter ahli.

e. Belajar Menggunakan Bahasa Isyarat dan Kemampuan Membaca Gerakan Bibir
Langkah terakhir, untuk mempermudah, penderita akan diajarkan untuk bisa menggunakan bahasa isyarat dan lebih menguasai gerakan bibir lawan bicara. Tidak hanya penderita, biasanya orang terdekatnya juga akan disarankan belajar agar mempermudah komunikasi satu sama lain.

Anda bisa temukan alat bantu dengar modern di tempat-tempat penyedia alat bantu kesehatan terpercaya. Karena pada umumnya dokter akan mempersilakan penderita mencari sendiri alat bantu mendengar yang sesuai kebutuhan.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.