Rekomendasi Produk Sunblock Terbaik Yang Aman Bagi Kulit


Kulit adalah salah satu aset berharga wanita yang paling diperhatikan. Menjaga kulit agar senantiasa berkilau, mulus dan tampak awet muda adalah tantangan bagi sebagian besar wanita, terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan karena tuntutan pekerjaan. Tanpa disadari, kulit yang sering terpapar sinar matahari secara langsung mudah terkena berbagai masalah kulit seperti flek hitam, kerutan, jerawat, hingga kulit kusam. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengoleskan sunscreen atau sunblock ke atas kulit selama beraktivitas di luar ruangan. Menggunakan produk sunscreen atau sunblock yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit akan membantu melindunginya dari paparan sinar UV A dan UV B matahari yang bisa merusak sel-sel lapisan kulit. Sunscreen atau sunblock sendiri adalah tabir surya kimiawi yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari. Cara kerjanya yaitu dengan menembus lapisan teratas kulit untuk menyerap radiasi matahari yang sudah terlanjur masuk ke dalam kulit sebelum sempat diserap oleh tubuh. Lalu, apa saja produk sunscreen atau sunblock terbaik yang bisa melindungi kulit dari sengatan matahari saat beraktivitas outdoor? Pada artikel kali ini kita akan memberikan beberapa rekomendasinya.

Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, pastikan untuk mengetahui kriteria sunblock terbaik agar tidak salah pilih sehingga Anda mendapatkan perlindungan maksimal. Berikut beberapa hal yang perlu Anda cek sebelum membeli sunblock.

  1. Tingkat perlindungan. Pilih tabir surya kimiawi yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pasalnya, kedua jenis sinar ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. UVA dapat membuat kulit mengalami penuaan dini, sedangkan UVB merupakan penyebab utama kulit terbakar dan juga kanker kulit. Oleh karena itu, agar terlindung dari kedua jenis sinar ini Anda perlu memilih sunblock yang berlabel board spectrum. Produk sunblock yang tidak memiliki label ini hanya akan melindungi kulit Anda dari sengatan matahari, tapi tidak dari risiko kanker atau penuaan kulit. Selain itu, pastikan sunblock yang akan Anda beli minimal SPF 30, sesuai anjuran American Academy of Dermatology. Semakin tinggi angka SPF, maka semakin besar pula perlindungan yang akan Anda dapatkan. Misalnya, SPF 15 pada sunblock artinya menyaring sekitar 93 persen sinar UVB, sementara itu SPF 30 menyaring sekitar 97 persen, dan SPF 50 menyaring sekitar 98 persen sinar UVB. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan perlindungan dari angka SPF yang lebih rendah. Kuncinya yaitu mengoleskan sunblock lebih sering dibandingkan dengan tingkat SPF yang lebih tinggi, misalnya setiap satu jam, terutama kalau Anda sedang berenang atau berkeringat.
  2. Kandungan sunblock. Sunblock mengandung sederet zat kimia aktif yang bertindak sebagai penyaring radiasi sinar UV ke kulit. Kandungannya antara lain Octylcrylene, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Sulisobenzone, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150 serta Uvinul A Plus. Semua jenis sunblock yang berbahan dasar senyawa tersebut umumnya tidak berwarna dan bisa dipakai sebelum Anda mengaplikasikan makeup. Namun, jika Anda punya kulit sensitif atau masalah kulit tertentu, hindari sunblock yang berbahan Para-aminobenzoic (PABA), Dioxybenzone, Oxybenzone, atau Sulisobenzone. Selain itu, hindari juga sunblock yang mengandung alkohol, pewangi dan pengawet berlebihan.
  3. Sesuaikan dengan jenis kulit Anda. Menyesuaikan produk sunblock yang dipilih dengan jenis kulit yang Anda miliki menjadi salah satu hal terpenting dalam memilih sunblock terbaik. Pasalnya, beda jenis kulit, maka beda pula jenis sunblock yang Anda butuhkan. Misalnya, untuk kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat, Anda lebih cocok menggunakan sunblock yang berbahan dasar air, bukan minyak. Ini agar sunblock lebih mudah terserap ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Biasanya sunblock jenis ini berbentuk gel, bukan krim yang tebal. Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit yang kering, maka pilihlah produk sunblock berbahan dasar minyak yang dapat membantu melembabkan kulit.

Bagi Anda yang sedang mencari produk sunblock terbaik bagi kulit Anda, beberapa produk rekomendasi dari merek-merek terkenal berikut ini layak menjadi pertimbangan.

1. L'oreal UV Perfect Aqua Essence. Dibanderol pada kisaran harga Rp 150 ribuan, tak heran bila kualitas yang ditawarkan sunblock ini adalah salah satu yang terbaik. Dengan kata lain, memang sepadan dengan harganya. L'oreal sunscreen SPF 50+ dirancang agar penggunanya tak perlu repot mengaplikasikan sunblock setiap 2 jam sekali karena produk ini memiliki proteksi formula yang bisa bertahan hingga 12 jam. Teksturnya juga ringan dan tidak terasa lengket atau berminyak di kulit.

2. Kiehl`s Ultra Light Daily UV Defense Sunscreen. Produk yang ditawarkan di kisaran harga Rp 85 ribu ini melawan paparan sinar matahari yang berdampak buruk dengan kekuatan SPF 50 PA+. Keunggulan produk ini selain lebih bersahabat dari segi harga adalah teksturnya yang juga sangat ringan dan mudah meresap ke dalam kulit sehingga tak akan meninggalkan kesan lengket seperti produk sunblock pada umumnya.

3. Skin Aqua UV Moisture Gel. Sunblock bertekstur gel yang dibandrol di kisaran harga Rp 50 ribu ini mempunyai fungsi ganda selain untuk melindungi kulit, yakni melembabkannya. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan Skin Aqua UV Moisture Gel sebagai foundation sebelum menerapkan make up. Praktis dan seperti memakai produk all-in one, Skin Aqua UV Moisture Gel mengandung kolagen, vitamin E, vitamin B5, dan vitamin C yang semuanya berguna untuk membantu membuat kulit Anda tampak bercahaya dan awet muda.

4. Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Produk sunblock dari Biore ini ditawarkan di kisaran harga Rp 100 ribuan. Bertekstur gel dan mampu melindungi kulit dari sinar UV untuk jangka waktu yang lama, formula sunblock ini juga anti air dan anti keringat sehingga tidak akan mudah luntur. Bahan-bahan kosmetik sunblock Biore UV juga terbuat dari bahan-bahan alami seperti royal jelly dan ekstrak jeruk yang berguna untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Setelah Anda berhasil menemukan sunblock terbaik untuk kulit Anda, langkah selanjutnya adalah menggunakannya dengan benar. Sunblock hanya akan bekerja dengan baik jika digunakan dengan tepat. Jadi, pastikan untuk mengoleskan sunblock 15 hingga 30 menit ke seluruh bagian tubuh sebelum Anda terpapar sinar matahari. Ini termasuk leher dan telinga bagian depan maupun belakang. Selain itu, selalu oleskan sunblock setiap kali Anda keluar di bawah panas terik matahari, jangan hanya saat ke pantai saja. Bahkan ketika tidak panas terik pun Anda sebaiknya tetap memakai sunblock. Pasalnya, 80 persen radiasi UV yang berbahaya tetap mampu menembus awan walaupun cuaca sedang mendung. Sunblock memang tidak sepenuhnya melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit. Akan tetapi, memilih sunblock terbaik dapat membantu memberikan perlindungan lebih pada kulit dibandingkan dengan orang yang tidak memakai sunblock sama sekali. Selamat mencoba!

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.