-->

Pengertian Obligasi dan Keuntungan Investasi Obligasi


Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan istilah Obligasi. Karena banyak orang yang menyebutkan disekitar kita, terlebih untuk mereka yang bergelut di dunia bisnis. Obligasi ini merupakan surat utang yang diterbitkan oleh entitas dari pemerintah atau dari perusahaan yang memiliki jangka tertentu.

Dengan memiliki obligasi, maka ini artinya bahwa negara atau perusahaan berutang pada Anda yaitu sebesar yang dijanjikan dengan waktu jatuh tempo yang telah disepakati. Selain itu, debitur biasanya akan membayarkan bunga atau kupon ke Anda untuk setiap bulannya. Investasi jenis ini merupakan sebagai salah satu jenis investasi yang sangat aman dan mumpuni.

Nah Sekarang Anda sudah mengertikan arti dari Obligasi ? Jika Anda ingin investasi tersebut maka kita lihat bersama-sama apa saja keuntungannya. 

Keuntungan Investasi Obligasi
Pada saat Anda memutuskan untuk memilih investasi, maka dalam hal ini sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu untuk mengulik segala informasi yang berkaitan dengan investasi terkait, termasuk mengenai masalah keuntungan yang akan Anda peroleh.

Jika Anda mengikuti investasi Obligasi ini maka akan memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut;

1. Anda akan Memperoleh kupon (bunga) dalam jangka waktu berkala. Baik itu untuk setiap bulan, tiga bulan, ataupun selama enam bulan sekali. Dalam hal ini kupon tersebut terbagi menjadi dua, diantaranya yaitu ada kupon fixed (tetap) dan kupon floating (mengambang atau tidak tetap).

2. Anda akan mendapat capital gain pada saat melakukan penjualan obligasi kepada investor umum. Capital gain ini merupakan sebagai salah satu keuntungan yang akan Anda peroleh, hal tersebut dihitung dari selisih harga jual yang kemudian dikurangi dengan harga beli dari suatu obligasi.

3. Hal yang paling membuat Anda lega yaitu, pasti dibayarkan kembali ditambah dengan adanya return (kupon). Kalau itu merupakan obligasi negara, maka Anda dalam hal ini tidak perlu khawatir karena sudah ada jaminan keamanan. Sudah pula tercantum ada di dalam UU No. 24 Tahun 2002 berkaitan dengan Surat Utang Negara atau UU No. 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.

4. Perlu Anda ketahi bahwa keuntungan kupon obligasi tentunya lebih tinggi Jika kita bandingkan dengan keuntungan bunga deposito. Hal tersebut pasti saja akan menjadi pertimbangan Anda untuk melakukan investasi supaya bisa menerima keuntungan semaksimal mungkin.

5. Investasi Obligasi bisa Anda jadikan sebagai untuk jaminan atau agunan. Obligasi dapat digunakan untuk agunan supaya mendapatkan pinjaman ke bank atau membeli saham ke dalam bursa efek (stock exchange).

Nah jadi mengenai investai obligasi ini ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda ingin investasi Obligasi ini sebenarnya ada 3 jenis, diantaranya yaitu;

Corporate Bonds
Ini merupakan sebagai jenis obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan, baik itu dari pihak Pemerintah (BUMN) ataupun dari pihak swasta. Sebagai contoh yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) yang menerbitkan obligasi kurang lebihb senilai Rp2 triliun pada tahun 2014 dengan memiliki tingkat bunga tetap (fixed coupon) yang berjangka dalam waktu lima tahun.

Government Bonds
Ini merupakan jenis obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah. Di Indonesia untuk obligasi jenis yang satu ini pertama kali yaitu diterbitkan pada Agustus tahun 2006. Hal tersebut seperti yang sudah diterangkan dari sebelumnya, peminat obligasi tersebut akan  cenderung meningkat untuk setiap tahunnya. Obligasi yang dalam hal ini diberi nama Obligasi Negara Ritel (ORI) yang diterbitkan satu seri untuk setiap tahun, kecuali yaitu pada tahun 2007 dan 2008 yang diterbitkan dengan dua seri.

Municipal Bonds
Ini merupakan sebagai salah satu jenis obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah yang memiliki tujuan untuk membiayai pembangunan yang tentunya berhubungan dengan kepentingan publik.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.